Stand Up Comedian Paling Populer di Indonesia

STAND UP COMEDIAN PALING POPULER DI INDONESIA
STAND UP COMEDY INDONESIA.
Halo adik-adik ketemu lagi dengan kak Nasrudin Husin. Kali ini kita membahas Stand Up Comedy. Untuk diketahui Stand Up Comedy adalah seni lawak yang paling susah, dimana seorang comic/comica/Stand Up Comedian menjejal materi mereka di depan panggung ditonton oleh banyak orang. Nah, di situlah letak tantangan terbesarnya. Bagus kalau lucu dan semua orang tertawa, lah kalau garing kayak ceramah agama orang gak akan tertawa tapi malah nangis. Hiks.
Dalam dunia Stand-Up ada beberapa istilah seperti open mic dan Stand Up Comedy Show. Menurut seniornya dunia Stand-Up Comedy Indonesia: Pandji Pragiwaksono. Open mic adalah kegiatan dimana pengunjung cafe ngomong di depan penonton mereka menjejal materi. Di sinilah ketahuan seorang komika pemula berhasil membuat penonton tertawa atau tidak. Open mic gratis untuk pengunjung cafe yang ingin berstand up asalkan membayar makan dan minum di cafe tersebut. Hehehe. Dengan kata lain, open mic adalah ajang latihan bagi para comic beginer. Sedangkan Stand Up Comedy Show adalah pertunjukan seorang komika membawa bit-bit atau materi yang sudah pernah dicoba di open mic, dan materi tersebut sudah tentu lucu.
Oke. Sekian dulu bacotnya kita kembali ke inti pembicaraan kita yakni Stand Up Comedian Paling Populer di Indonesia.
Ada siapa saja? Yuuukk kita simak ulasan berikut ini. Cekidut !!
1. Raditya Dika
     Semua orang kalau main Twitter pasti tau abang Raditya Dika yang pendek ini. Ya, dia adalah pemilik akun @radityadika. Terakhir kali saya cek followersnya sudah mencapai dua belas juta lebih. Dibanding dengan propinsi Aceh maka propinsi kami akan kalah jumlah. Saya membayangkan kalau follower Raditya Dika ngantri tabung gas ijo. Pasti gak kelar-kelar. Baru kelar hari akhirat. Selain followernya banyak bang Radith juga salah satu pendiri Stand Up Indo. Pertama kali dia open mic itu keren banget.
"Sayang aku mau putus."
"Kenapa kamu mau putus sama aku?"
"Habis kamu suka marah-marah."
"Tunggu-tunggu ... Siapa yang bikin aku suka marah-marah?"
"Aku."
"Jadi putus?"
"Ga jadi."
Bang Radith dicap alay karena suka nulis status "Cemunguuudh eeaa." Selain stand up comedian yang handal dia juga film maker (itu lo tukang bikin film). Nah, salah satu film terbaru dari Raditya Dika adalah film Single disitu dikisahkan bang Radith yang berperan sebagai Eby. Eby ini dikutuk menjadi jomblo seumur hidupnya. Kalau kali mau tau kelanjutannya beli tiketnya dan nonton filmya. Hehehe. Lebih hebatnya lagi film Single berhasil mengalahkan film Amerika: Star Wars. Rekor yang luar biasa untuk film Indonesia. Balik modal tu bang Dika bikin filmnya. Dia juga penulis buku kambing jantan: catatan pelajar bodoh isinya tentang keseharian bang Radith yang absurd abis. Asli bikin ngakak jungkir balik, buku Cinta Brontosaurus, Babi Ngesot: datang tak diundang pulang tak berkutang, Marmut Merah Jambu dan yang paling baru Koala Kumal. Lebih istimewanya lagi semuanya masuk buku Best Seller-penjualan buku paling laris.
Dia juga seorang Youtuber (sebutan untuk para pembuat video di youtube) banyak video yang dibuat oleh bang Radith. Tapi yang paling saya ingat videonya tentang lagu Cewek Tercantik di Kelurahan. Lagu tersebut sebenarnya sudah ada sejak film mockumentary Malam Minggu Miko (Miko Saturdays Nigth). Di video tersebut jelas kocak, lucu, kreatif, menerobos dan tidak biasa. Kalian setelah baca blog ini langsung buka YouTube dan lihat sendiri videonya.
Menurut saya bang Raditya Dika adalah orang yang serba bisa. Dia dikenal sebagai: blogger, penulis skenario film, sutradara, YouTuber, juri Stand Up Comedy dan suka makan martabak *lho?*
Pokoknya orang pendek ini. Banyak prestasinya tapi sayang dia belum nikah ... Jomblo kronis stadium empat.
2. Sammy Notaslimboy
     Orang pinter. Begitu saat pertama kali saya menonton beliau. Katanya dia adalah George Carlinnya Indonesia, materinya banyak membahas kritik pemerintah, kritik terhadap masyarakat, dan jokes-jokes tentang agama. Menurut om Sammy Notaslimboy dalam Stand Up Comedy materi terdiri atas dua jenis.
Materi ringan: ketika seorang comedian menceritakan kehidupan sehari-hari (daily life), menonton tv dsbg. Nah, materi ini tergolong mudah dipahami dan diterima semua orang.
Materi berat: ketika seorang comic membicarakan kerukunan beragama, suku ras dan perusahaan besar yang susah untuk dipikirkan seperti Microsoft-jumlah kekayaannya melebihi kas negara Peru. Pokoknya kalau saya nonton dia Stand Up banyak pengetahuan yang saya dapat selain menghibur dia juga mencerahkan.
Seperti jokes berikut ini:
"... Menjomblo dua belas tahun memang lama. Tapi percayalah menunggu minyak habis dalam waktu dua belas tahun sangat singkat..."
Selain menghina jomblo dia juga mengkritik pemerintah. Dia kritis dan elegan. Saya pernah membaca bio Instagramnya @notaslimboy disitu tertulis funny arrogant. Kalau mau lucu kita harus sombong dulu. Mungkin itu kali yak maksudnya. Dia punya channel YouTube di Notaslimboy TV, channel yang keren, penuh wawasan, dan mencerahkan. Subscribe!
Kalau kalian berkenan boleh kunjungi aja blognya di notaslimboy.com
3. Andi Wijaya ( Awwe)
     Yang paling saya suka dari dia adalah deliverynya ketika membawakn materi di atas panggung. Ringan dan pecah abis! Bang Awwe ini asalnya dari bekasi dengan struktur penyampainnua yang sederhana membuat siapapun betah mendengarkan ceramah beliau. Eh gak ding! Maksudnya siapa aja bakalan betah dengerin omongannya bang Awwe.
Sebelum menjadi comic dia adalah seorang penyiar radio bersama rekannya Adjis Doa Ibu.
Dan yang paling istimewa dari beliau adalah. Dia presiden Stand Up Indo yang baru menggantikan Om Notaslimboy.
Orang ini adalah komika yang selalu sukses tampil dan menghibur. Lucu dan cerdas itulah Awwe.
4. Mudhadlky Acho
     Orang ini pertama kali saya lihat di Metro TV. Waktu itu saya ingat dia selalu mempermasalahkan namanya Muhadkly. Ujung namanya kly yang artinya kliwon. Serem lah pokoknya nama bang Acho itu kayak angker. Kliwon. Orang-orang menjulukinya sebagai The Diksi King. Pemilihan kata yang unik dan selalu sukses membuat penonton tertawa. Ia dikenal sebagai komika yang suka membawakan materi tempat tinggalnya Tanjung Priok. Konon Tanjung Priok adalah tempat dengan kriminalitas tinggi.
Kalau kalian suka nonton Metro TV pasti kenal sama dia, ia adalah salah satu performer acara Stand Up Comedy Show Metro TV. Mungkin, gak banyak yang tahu bahwa Acho adalah salah satu senior Stand Up Comedy. Ia mengawali open micnya di Bober Cafe, Bandung.
5. Pandji
     Manusia serbabisa: ia adalah aktor, rapper, penulis buku, comic, penyiar radio, dan presenter tv. Ngomongin soal bang Pandji ia adalah salah satu pembawa acara Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV. Kemampuannya berstand up tidak diragukan lagi materinya bermuatan nasionalisme sehingga penonton akan mencair bila mendengarkan bit-bit tentang republik ini, suku, budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia dijadikan materi berkelas oleh Pandji.
Saya paling ingat acara kena deh! Kalau sekarang iklannya Pandji obat kumur-kumur biar bau mulut hilang. Jauh waktu sebelum itu. Pandji sudah punya tv show di AnTV yaitu Kena Deh! Semacam acara tentang ngerjain orang ngasih beberapa pertanyaan lalu jika berhasil menjawab maka orang tersebut dikasih duit. Karena ini acara yang semi rahasia maka ketika syuting kameranya mode hiden camera (kameranya disembunyiin di semak-semak) lalu bila target sudah berhasil menjawab pertanyaan maka pandji memberikan sejumlah uang berdasarkan jumlah pertanyaan yang berhasil dijawab. Salah satu yang khas di acara ini adalah di akhir waktu pandji bilang ke penontonnya "Kena deh!" Selain itu juga dia selalu bilang "Wah selamat mbak menang. Mbak gak sadar kan mbak direkam. (Sambil nunjuk ke kamera) Di situ ada kamera. Di situ ada kamera ... Selamat mbak pemenangnya." Acara yang masih saya ingat sampai sekarang. Dulu nontonnya udah lama banget masih jaman tv format MP4 kalau sekarang kan udah HD TV atau Ulatra HD (4K). Pasti om Pandji udah tua hehehe... :D
Ia juga dikenal sebagai comic yang peduli pada lingkungan, suka mengkritik pemerintah, cinta tanah air, dan disukai masyarakat Indonesia.
"Kamu mau gak jadi pacarku?"
"Gak mau ah. Aku dicintai semua rakyat Indonesia. Bagaimana aku mencintaimu seorang saja?"
"..."
6. Kemal Palevi
     Mukanya kayak orang Arab padahal ia adalah orang Samarinda. Tak Kemal Maka Tak Sayang adalah judul buku sekaligus film yang diperankan langsung oleh bang Kemal Palevi.
Alur ceritanya mengisahkan tentang hubungan cinta bang Kemal waktu SMA sama Raisya cewek yang cantik dan populer. Kemal pilun jatuh cinta padanya. Namun sayang dikawin silang selangnya kawin sama sendal jepit cintanya bang Kemal ditolak sama Raisya karena ia dianggap terlalu 'agresif'.
Lalu di film tersebut dikisahkan pula cinta Kemal Palevi waktu kuliah dengan Putri cewek yang suka sama bang Kemal tapi karena trauma dianggap 'agresif' sama cewek maka Kemal pun sok cuek sama Putri. Hingga suatu hari Kemal sadar bahwa Putri bukan cewek PHP kayak Raisya. Tapi apa daya karena capek nunggu ditembak Kemal maka Putri pun jadian sama orang lain. Hiks. Kemal patah hati mungkin inilah awal mula lagu The Gania - Kalau Suka Katakan.
Kini kusudah ada yang punya..
Kamu datang terlambat..
Jika kau datang lebih awal pasti tak 'kan menyesal...
Sudah kubilang kalau suka katakan.
Beli CDnya ya. Promosi gak dibayar.
Lalu dalam keadaan patah hati bang Kemal berusaha move on dan dia open mic lalu ikut kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Season 3 dan menang dapat juara 3. Selamat bang!
7. Ryan Adriandhy
     Perasaan saya saat pertama kali nonton bang Ryan Adriandhy-tingkah lakunya luar biasa seperti kartun Spongebob Squarpanta ia jago menirukan tokoh terkenal (impersonate) materi yang dibawakan juga lucu, keren dan cerdas. Sehingga membuat orang berpikir " Saya merasakan hal yang sama tapi saya tidak bisa mengungkapkannya..."
Ryan juga bermain film mockumentary-pertama di Indonesia yang dibuat oleh Raditya Dika Malam Minggu Miko film ini mengisahkan Miko (diperankan oleh Raditya Dika) yang selalu ketiban sial dan gagal mendapatkan cewek disini Ryan berperan sebagai teman kontrakan Miko yang selalu memotivasi Miko agar terlihat keren, macho dan cowok banget. Ryan Adriandhy adalah pemenang Stand Up Comedy Indonesia Season Pertama di Kompas TV. Selain keahliannya dalam dunia Stand Up ia juga mahir menggambar.
Sekarang bang Ryan sedang melanjutkan study S.2nya di Amerika. Makanya jarang tampil di TV. Boleh follow Twitternya @adriandhy
Nah, demikianlah ulasan saya tentang Stand Up Comedian Terpopuler di Indonesia. Memang Stamd Up Comedy ini terus berkembang, akan selalu ada komik-komik baru yang lahir setiap tahunnya. Stand Up Comedy adalah salah satu jalan menjadi aktor, pemain iklan, sutradara, pemain film dan pelaku seni lainnya. Bagi Anda yang kecewa karena mungkin tidak ada komika favorit yang tidak saya sebut silakan tulis di kolom komentar. (Kalau ramai artikel ini saya lanjut ke part dua)
Salam tampan
Viva la Komtung!

3 Responses to "Stand Up Comedian Paling Populer di Indonesia"

  1. Gadak komentar. Sukak sm delivery lo menilai orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Makasih ya udah mau baca. Saya lebih suka mengevaluasi daripada menilai. Datang lagi ya ke blog ini kapan2!! Jaya terus Stand Up Comedy Indonesia.. :D

      Hapus